Jatim Dominasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2015

Biro Organisasi online (Senin, 20/2)

Gema organisasi: Kompetisi Inovasi pelayanan Publik Tahun 2015 telah usai,  Jatim patut berbangga dengan prestasi yang diraih.  Surat Edaran dari Kemen PAN dan RB Nomor 09/2014 tentang Kompetisi Inovasi 2015 di Lingkungan Kementerian/ Lembaga dan  Pemerintah Daerah maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur langsung  menindak lanjuti. Bagi Jatim Kompetisi seperti ini menjadi wadah untuk mengetahui sejauh mana Jatim telah melakukan peningkatan kinerja para aparatur Negara di Jatim. Ujar Kepala Biro Organisasi Setda Prov Jatim Setiajit, SH,MM

Pemprov Jatim saatnya menyakinkan kepada masyarakat baik Jatim maupun diluar Jatim bahwa kami bukanlah pegawai yang minta dilayani tetapi kami siap melayanai masyarakat Jelasnya. Hal tersebut dibuktikan unit penyelengara pelayanan publik berlomba-lomba untuk berinovasi memberi yang terbaik lebih dan lebih bagi masyarakat.

 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2015 dikuti 1.188 peserta dengan rincian : Kementerian/Lembaga sebanyak 298 peserta,  Pemerintah Provinsi sebanyak 216 peserta, Pemerintah Kabupaten 436 peserta, dan Pemerintah Kota sebanyak 238 peserta. Provinsi Jawa  Timur  mengirimkan 18 peserta, sedangkan dari kab/kota Jatim yang ikut sebanyak 94 peserta.

Tingginya minat SKPD dan Kabupaten kota terhadap inovasi pelayanan bukan hanya sekedar ingin mendapatkan penghargaan tapi yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat dapat terlayani secara terukur, baik, cepat, dan benar  sehingga rasa puas tetap melekat di hati masyarakat. 

Begitu juga dengan berkembangnya inovasi baik yang digagas oleh SKPD Pegawai Negeri Sipil maupun elemen masyarakat, semua mendapat tempat dan layak untuk dihargai apabila ide-ide barunya dapat direplikasikan di daerah lain. Ujar mantan Kepala Bakorwil Bojonegoro ini.

Dengan banyaknya peserta yang mengikuti kompetisi ini menandakan bahwa Jawa Timur memang pantas menyandang gelar Provinsi Inovasi dan Provinsi Pelayanan. Hal ini diperkuat dengan berbagai raihan penghargaan yang disematkan oleh pemerintah pusat terhadap pemerintah Jawa Timur.

Kepala bagian Tatalaksana Biro Organisasi Seda Prov Jatim Nurkholis, S.Sos, MSi setelah menghadiri penyerahan penghargaan bagi Inovator yang masuk Top 25 Nominator menjelaskan  setelah dilakukan seleksi  peserta dari Jawa Timur yang masuk 99 besar sebanyak 17 Peserta. Penyisihan  kembali dilakukan dan menjaring 40 Nominator 3 SKPD Prov Jatim mampu kembali bersaing yaitu  ATM SAMSAT Jatim – Merubah Kantor menjadi mesin, Ayo Kerja dan  HoT (HOSPITAL on TABLET), Modifikasi Rekam Medis Elektronik Rawat Inap Menggunakan Tablet di RS dari RS Paru Jember Sedangkan pada seleksi akhir Peserta Kompetisi   Inovasi Pelayanan Publik  tahun 2015 yang masuk TOP 25 Nominator dengan rincian sebagai berikut  Tingkat Kementerian/lembaga  sebanyak 4 nominator, Tingkat Provinsi sebanyak 5 nominator. Dari Provinsi Jawa Timur 2  (40%),  Tingkat Kabupaten 10 nominator, dari Kabupaten di Jawa Timur  4 nominator (40%)  dan Tingkat Kota 6 nominator, Kota di Jawa Timur merebut  2 nominator (33%)  yaitu dari Kota Surabaya dan  Kota Malang.

Lebih lanjut Nurkholis menambahkan keberhasilan inilah yang mengantarkan  Gubernur Jawa Timur beserta Kepala Daerah yang masuk dalam  25 Nominator didampingi SKPD inisiator menerima penghargaan yang langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Sementara Finalis UNPSA  tahun 2014- 2015 diwakili oleh Kabupaten Sumenep Jawa Timur yaitu sebuah kompetisi Inovasi yang diselenggarakan oleh PBB. Mudah-mudahan Sumenep mampu menjadi pemenang dalam Kompetisi tersebut sedangkan Kompetisi Inovasi Tingkat Internasional Tahun 2015-2016 dari Provinsi Jawa Timur diwakili ATM SAMSAT Jatim – Merubah Kantor menjadi mesin, Ayo Kerja  dan HoT (HOSPITAL on TABLET), Modifikasi Rekam Medis Elektronik Rawat Inap Menggunakan Tablet di RS  ujar  Nurkholis.

NO

INSTANSI

JUDUL INOVASI

1

Dispenda Pem Prov Jatim

ATM SAMSAT Jatim – Merubah Kantor menjadi mesin

2

Dinas Tenaga Kerja Pem Prov Jatim

Ayo Kerja

3

Pem Kab Malang

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Wisata Edukasi Talangagung Kepanjen

4

Pem Kab Pasuruan

ODHALINK

5

Pem Kab Banyuwangi

Lahir Procot Pulang bawa akte

6

Pem Kab Lumajang

Gebrakan SUSI turunkan angka kematian ibu(AKI) dan angka kematian bayi( AKB)

7

Pem Kota Surabaya

E-Health

8

Pemkota Malang

Emas hitam di balik tumpukan sampah

Additional information