Jatim Genjot Peningkatan Pelayanan Masyarakat

Sebagai aparatur yang digaji dari uang rakyat maka tidak heran kalau aparatur berupaya memberi yang terbaik bagi masyarakat. Dengan mendorong Penyelenggara pelayanan publik untuk berinovasi adalah cara yang jitu untuk mewujudkan harapan Pemerintah di Jawa Timur.
Kepala Biro Organisasi Setda Prov Jatim setelah menghadiri Pembukaan Simposium dan Gelar Pameran Publik tahun 2015 di GOR Sidoarjo ( 14/6) menjelaskan sebenarnya kegiatan Pamerah Publik merupakan agenda rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh Pemprov Jatim. Namun tahun 2015 ada perbedaan dalam penyelenggaraannya. Kalau tahun-tahun lalu gelar pelayanan publik hanya menampilkan pelayanan apa yang telah diberikan oleh penyelenggara Pelayanan Publik serta produk dari daerah, namun tahun ini penekanan Gelar pelayanan Publik adalah inovasi apa yang telah dilakukan oleh masing-masing Penyelenggara Pelayanan Publik serta dampak inovasi bagi masyarakat dan bagaimana inovasi bisa direplikasi. Jelas pria kelahiran Tuban ini. Yang membanggakan gelar pelayanan publik bersekala Nasional. Kementerian PAN dan RB mempercayakan Jatim sebagai penyelenggara Simposium dan Gelar Pameran Publik. Katanya

Lebih lanjut setiajit menambahkan Gelar Pameran Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2015 menampilkan 255 stand yang diikuti oleh 10 stand kemenpan, 83 stand instansi dilingkungan provinsi Jawa Timur, 85 stand kabupaten/kota, 36 stand instansi vertikal, 19 stand BUMN / BUMD, 4 lembaga lain , 21 stand pemenang top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2015. Jenis-jenis pelayanan publik yang ditampilkan dalam gelar pameran antara lain meliputi pelayanan rumah sakit pelayanan PDAM, pelayanan perizinan terpadu, pelayanan samsat, pelayanan pendidikan, tenaga kerja, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kelautan, perindustrian dan perdagangan, telekomunikasi, PLN, Kementerian Hukum dan Ham, perpajakan, kepegawaian dan sebagainya. Jadi kalau masyarakat mengetahui atau Penyelenggara pelayanan publik mau mereplikasi inovasi silahkan datang ke tempat pameran. Tambahnya
Pada kesempatan yang sama Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB Mirawati Sudjono mengatakan, Jatim layak sebagai tuan rumah penyelenggaraan Publik tahun 2015. Menururt pengamatan dan pemantauannya selama ini Jawa Timur selalu eksis meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan pada masyarakat. Nyatanya banyak penghargaan dan prestasi dibidang pelayanan yang diterima Jawa selama ini. Ini bukti konkrit lho, bukan sekedar teori. Tambahnya
Mira, panggilan akrab sehari-hari menambahkan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun ini sebagian besar pemenangnya didominasi oleh Jatim. Memang Jatim gudangnya inovasi. Pada kegiatan tersebut ke 99 TOP Inovasi diberikesempatan untuk unjuk kebolehan. Jelas perempuan pengemar warna ungu ini. (San)

Additional information