Sekilas Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur Tahun 2011


  Sekilas Unit Pelayanan Publik Percontohan

Jawa Timur Tahun 2011

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara berkesinambungan melakukan langkah-langkah untuk mendorong perbaikan dalam pelayanan publik dengan memberikan stimulasi dan semangat perbaikan pada unit-unit pelayanan publik, salah satunya adalah melalui pelaksanaan penilaian pada unit-unit pelayanan publik yang memiliki kinerja pelayanan yang baik. Melalui peningkatan kualitas pelayanan publik secara terus menerus dan sistimatis, diharapkan akan dapat memperbaiki citra pemerintah di mata masyarakat. Karena dengan kualitas pelayanan yang semakin baik maka kepuasan dan kepercayaan masyarakat akan dapat diwujudkan;

Sebagaimana surat Gubernur Jawa Timur tanggal 12 April 2011 Nomor 065/4647/041/2011 perihal Pengusulan Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur Tahun 2011, kepada Bupati / Walikota dan Pimpinan Instansi Pemerintah Provinsi Jawa Timur diminta untuk mengusulkan unit pelayanan terbaik di instansi / kabupaten / kota yang akan dinilai oleh Tim Provinsi dalam penilaian Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur Tahun 2011.

Pada tahun 2011 sebanyak 40 unit pelayanan telah diusulkan untuk mengikuti penilaian tersebut yang selanjutnya dilakukan seleksi administrasi dan kelengkapan pengusulan. Dari hasil seleksi administrasi, ada 38 unit pelayanan yang lolos untuk mengikuti penilaian selanjutnya, terdiri dari 7 unit pelayanan provinsi dan 31 unit pelayanan kabupaten / kota, meliputi :

1)       Kelompok Pelayanan Kesehatan :

          Puskesmas/RS/KB                        =   14 unit

2)       Kelompok Pelayanan Pendidikan :

          Sekolah                                         =   10 unit

3)       Kelompok Pelayanan Administrasi dan Perizinan :

          Pelayanan Terpadu                        =     3 unit

          SAMSAT                                       =     3 unit

          SKPD                                            =     4 unit

4)       Kelompok Pelayanan Barang dan Jasa :

          PDAM/Terminal/Pelatihan/Arsip       =     4 unit

 

Berdasarkan hasil rapat tim penilai terhadap 38 Unit Pelayanan tersebut  dinilai melalui observasi  dan penilaian di lapangan oleh Tim Penilai Tingkat Provinsi Jawa Timur yang telah ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/289/KPTS/013/2011tentang Tim Penilai Unit Kerja / Kantor Pelayanan Masyarakat Percontohan Jawa Timur Tahun 2011, terdiri dari unsur :

1)   Biro Organisasi

2)   Biro Umum

3)   Biro Hukum

4)   Dinas Komunikasi dan Informatika

5)   Inspektorat Provinsi

6)   Lembaga Perlindungan Konsumen

Sebagaimana surat Gubernur Jawa Timur tanggal 11 Oktober 2011 Nomor 065/14945/041/2011 perihal penilaian Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur Tahun 2011, dalam pelaksanaan penilaian Tim Penilai Tingkat Provinsi Jawa Timur dibagi menjadi 2 (dua) Tim yang terdiri dari :

A.Tim I yang akan melakukan penilaian untuk wilayah Jombang, Ngawi:

1)   Biro Organisasi

2)   Inspektorat Provinsi Jawa Timur

3)   Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur

4)   Biro Hukum

B.Tim II yang akan melakukan penilaian untuk wilayah Madura

1)    Biro Organisasi

2)    Biro Umum

3)    Lembaga Perlindungan Konsumen

Adapun komponen – komponen yang akan dinilai dalam penilaian tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 7 Tahun 2010, meliputi :

1)       Visi, Misi serta Motto Pelayanan

2)       Sistem dan Prosedur Pelayanan

3)       Sumber Daya Manusia (SDM) Pelayanan

4)       Sarana dan Prasarana Pelayanan

5)       Hal – hal yang menonjol (inovasi pelayanan, IKM dsb)

 

NAMA UNIT PELAYANAN PUBLIK

A.

KELOMPOK PELAYANAN ADMINISTRASI DAN UMUM :

1.

Kantor Bersama SAMSAT Jember

2.

P2T Provinsi Jawa Timur

3.

Kantor Bersama Samsat Talangagung Malang

4.

UPT Terminal Purabaya Kota Surabaya

5.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya

6.

Kantor Bersama Samsat Jombang

7.

UPT Pelatihan Kerja Kediri

8.

Badan Kepegawaian dan Pelatihan Kabupaten Sumenep

9.

Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Batu

10.

Inspektorat Kabupaten Tulungagung

11.

PDAM Kota Pasuruan

12.

Badan Perizinan Kabupaten Bojonegoro

13.

Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro

14.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bondowoso

 

 

B.

KELOMPOK PELAYANAN KESEHATAN :

1.

Puskesmas Ngempit Kabupaten Pasuruan

2.

Puskesmas Panekan Kabupaten Magetan

3.

Rumah Sakit Paru Jember

4.

Puskesmas Banyuanyar Kabupaten Sampang

5.

Puskesmas Dau Kabupaten Malang

6.

Puskesmas Mojo Agung Kabupaten Jombang

7.

Puskesmas Gandusari Kabupaten Trenggalek

8.

Puskesmas Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi

9.

Puskesmas RejoWinangun Kabupaten Trenggalek

 10.

Puskesmas Blega Kabupaten Bangkalan

11.

Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya

12.

UPT Puskesmas Driyorejo Kabupaten Gresik

13.

Kantor Keluarga Berencana Kabupaten Situbondo

14.

RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo

 

B.

KELOMPOK PELAYANAN PENDIDIKAN :

1.

SMKN 2 Kota Malang

2.

UPTD SMA 1 Kota Blitar

3.

UPTD SMPN 3 Kabupaten Tulungagung

4.

SMKN 1 Kabupaten Ngawi

5.

SMKN 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo

6.

SMKN 3 Kabupaten Pamekasan

7.

SMAN 1 Kota Probolinggo

8.

SMAN 1 Kab. Lamongan

9.

SMPN 1 Sukodono Kabupaten Lumajang

10.

SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun

 

Dari hasil penilaian tersebut akan ditetapkan 3 (tiga) unit pelayanan dengan predikat Terbaik dan 10 (sepuluh) unit pelayanan dengan predikat Baik.

         

1.   Predikat Terbaik :

a.   Predikat Terbaik I           :           Kantor Bersama SAMSAT Jember ;

b.    Predikat Terbaik II             :                 Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) Provinsi Jawa Timur ;      

c.     Predikat Terbaik III            :                Puskesmas Ngempit Kabupaten Pasuruan ;

d.    Predikat Terbaik IV         :           SMK Negeri 2 Kota Malang ;

                                   

2.   Predikat Baik :

      a.   Kantor Bersama SAMSAT Talangagung Malang ;

      b.   UPT Terminal Purabaya Kota Surabaya ;

      c.   Puskesmas Panekan Kabupaten Magetan ;

      d.   UPTD SMA Negeri 1 Kota Blitar ;

      e.   UPTD SMPNegeri 3 Kabupaten Tulungagung ;

      f.    SMKNegeri 1 Kabupaten Ngawi ;

      g.   SMKNegeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo ;

      h.   Puskesmas Banyuanyar Kabupaten Sampang ;

      i.    Rumah Sakit Paru Jember ;

      j.    Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya ;

        k.     Puskesmas Dau Kabupaten Malang.

Penyerahan penghargaan akan diberikan oleh Gubernur Jawa Timur dalam peringatan HUT KORPRI pada tanggal 29 Nopember 2011 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Additional information