Tingkatkan Peran Budaya Kerja dalam Reformasi Birokrasi, Biro Organisasi Selenggarakan Sosialisasi Budaya Kerja bagi Pemerintah Kab/Kota Se-Jawa Timur

Kamis (04/03), Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur melalui Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja melaksanakan kegiatan Sosialisasi Budaya Kerja bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si didampingi Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja, Bapak Nana Fadjar Prijantoro, S.H, M.Si. Sosialisasi dilakukan secara daring dan diikuti oleh seluruh Kepala Bagian Organisasi dan Pejabat Eselon IV yang membidangi Budaya Kerja Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Biro Organisasi menyampaikan bahwa penilaian budaya kerja pada tahun 2021 terdapat perbedaan dengan tahun 2020. Pada tahun 2021 sudah tidak ada lagi Kompetisi Kelompok Budaya Kerja (KBK), sebagai pengganti akan dikenal yaitu Evaluasi Budaya Kerja Pemerintah Kabupaten/Kota. Evaluasi ini dilihat dari kepatuhan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menjalankan peraturan perundang-undangan terkait budaya kerja, di samping itu juga akan dilihat komitmen Pemerintah Daerah dalam mengembangkan budaya kerja. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melakukan evaluasi mengedepankan Pengembangan Budaya Kerja pada Pemerintah Daerah.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan tentang format evaluasi budaya kerja dan tahapan pengembangan budaya kerja pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Bagaimana masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota mempunyai perilaku utama yang diturunkan dari nilai-nilai yang diterapkan di Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Bapak Kepala Biro Organisasi berharap dengan format yang baru ini akan tercipta koneksi antara budaya kerja dengan Tatalaksana, Kelembagaan dan Analisis Jabatan, serta Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja sehingga terjalin sinergitas dan kolaborasi yang baik serta unsur-unsur didalamnya dapat saling support, dengan budaya kerja yang bagus.