122 Inovasi Pelayanan Publik Siap Beradu di KOVABLIK JATIM

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si saat menerima kunjungan 15 Juni 2020, menuturkan bahwa inovasi pelayanan publik di Jawa Timur terus diperkuat kendati dalam situasi pandemi COVID-19. Tahun ini, sebanyak 122 inovasi pelayanan publik baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang lolos dalam seleksi administrasi di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur (KOVABLIK JATIM) siap beradu ke tahap evaluasi yang selanjutnya akan diseleksi oleh Tim Evaluasi/Independen. Inovasi-inovasi ini kemudian akan kembali dikurasi melalui presentasi, wawancara, dan visitasi.

Pemerintah juga tengah melangsungkan berbagai ajang lainnya untuk memberikan apresiasi terhadap inovasi, diantaranya adalah Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dimana sebanyak 37 inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Timur berhasil lolos seleksi administrasi. Inovasi tersebut antara lain Samsat Srikandi, Samsat 4.0, Nona Saja, Sambil Belanja Bayar Pajak (Sambel Bajak) yang dikeluarkan oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, inovasi e-master yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, SMA Double Track dan SMK Pengampu keluaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta inovasi-inovasi dari berbagai Perangkat Daerah lainnya.

Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI juga tengah melangsungkan ajang pemberian apresiasi pada inovasi terkait penanganan COVID-19.