Bincang Transformasi : Transformasi Digital bukan Pilihan, tapi Keharusan

Presentasi Gubernur Jawa Timur dalam Bincang Transformasi : Transformasi Digital bukan Pilihan, tapi Keharusan disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Bapak Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc didampingi Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si dan Kepala Bagian Tatalaksana, Bapak Rachmad Wahyu Kurniawan, S.STP, M.IP. Webinar ini diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI dan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur selalu mendorong adanya terobosan dalam tata kelola pemerintahan yang partisipatoris, inklusif, dan kolaboratif, sehingga mampu mengintegrasikan seluruh stakeholder dalam suatu sistem digital yang efektif. Digitalisasi merupakan syarat dalam membangun hubungan antara civil society dengan birokrasi.

Pemanfaatan teknologi secara masif dalam menjalankan pemerintahan tetap harus berlanjut walaupun nantinya pandemi COVID-19 berakhir. Semua sektor pemerintahan bertugas mendorong dan memikirkan arah transformasi digital untuk dapat dijalankan di masa yang akan datang.

Kegiatan Webinar Bincang Transformasi ini merupakan bentuk kolaborasi Kementerian Keuangan RI dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka berbagi knowledge mengenai transformasi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi serta melakukan perbaikan proses bisnis dan pelayanan di unit kerja.