FGD Pendampingan dan Bimbingan Inovasi Pelayanan Publik Indonesia untuk UNPSA Tahun 2021

Inovasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur JALIN MATRA (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan dan Pemburu Ibu Hamil Risiko Tinggi dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan berkompetisi di ajang tingkat dunia, United Nations Public Service Awards (UNPSA) 2021 mendapat pendampingan dan bimbingan khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur mengikuti FGD Pendampingan dan Bimbingan Inovasi Pelayanan Publik Indonesia untuk UNPSA Tahun 2021, Senin, 19 Oktober 2020. FGD dibuka oleh Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB, Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, pengantar oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik, Bapak Dr. Drs. Muhamad Imanudin, M.Si, dan dilanjutkan narasumber lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada peserta inovasi pelayanan publik Indonesia terkait beberapa hal mengenai persyaratan dalam kategori dan kriteria serta terkait bimbingan teknis penyusunan proposal yang akan dikontestasikan di UNPSA Tahun 2021 dengan 4 kategori, yaitu :

  1. Pengembangan inovasi yang inklusif dan berkeadilan untuk semua termasuk penggunaan informasi digital atau transformasi digital;
  2. Peningkatan efektivitas pelayanan publik untuk capai pembangunan berkelanjutan;
  3. Promosi pelayanan publik responsif gender untuk capai tujuan pembangunan berkelanjutan;
  4. Kesiapan respon institusional dalam era krisis.

Fasilitator (KemenPANRB) telah memilih dan menyeleksi inovasi yang dapat diperhitungkan dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Indonesia untuk UNPSA Tahun 2021 menggunakan 3 kriteria yakni :

  1. Memiliki impact yang besar dan luas;
  2. Telah diimplementasikan minimal 2 tahun; serta
  3. Sesuai dengan kategori UNPSA 2021.