Percepat Reformasi Birokrasi ,Biro Organisasi Lakukan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Kamis, 17 Desember 2020, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si didampingi Kepala Bagian Reformasi Birokrasi, Bapak Nana Fadjar Prijantoro, SH, M.Si memimpin Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Peraturan Gubernur tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan secara virtual. Acara ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bapak Agusdin Muttakin dan dari Kementerian Keuangan RI, Bapak F. Eko Yulianto. Peserta berasal dari Perangkat Daerah Provinsi dan 4 (empat) Kabupaten di Jawa Timur.

Penyusunan pedoman ini bertujuan untuk membantu unit kerja dalam memahami pembangunan agen perubahan di lingkungannya dan memberikan panduan kepada unit kerja dalam merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan agen perubahan serta memberi kemudahan bagi unit kerja dalam pelaksanaan pembangunan agen perubahan.

Agen perubahan adalah individu/kelompok terpilih yang menjadi pelopor perubahan dan sekaligus dapat menjadi contoh dan panutan dalam berperilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan organisasinya. Agen perubahan berperan sebagai katalis, yang bertugas memberikan keyakinan tentang pentingnya perubahan menuju ke arah yang lebih baik; sebagai penggerak perubahan yang bertugas mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan; sebagai pemberi solusi, yang bertugas memberikan alternatif solusi ketika menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan; sebagai mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan; dan sebagai penghubung, yang bertugas menghubungkan komunikasi dua arah antara para pegawai di lingkungan unit kerjanya dengan para pengambil keputusan.

Materi dapat diunduh melalui link http://bit.ly/AgenPerubahan_Jatim