Pemprov Jatim Kembali Jaring UPP Terbaik tahun 2013

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara berkesinambungan melakukan langkah-langkah untuk mendorong perbaikan dalam pelayanan publik dengan memberikan stimulasi dan semangat perbaikan pada unit-unit pelayanan publik, salah satunya adalah melalui pelaksanaan penilaian pada unit-unit pelayanan publik yang memiliki kinerja pelayanan yang baik.

Kepala Biro Organisasi Setda Jatim Ardo Sahak, SE,MM ketika ditemui reporter diruang kerjanya ( 30/8) menjelaskan kegiatan Penilaian Unit Pelayanan Percontohan (UPP) dilakukan secara continue setiap tahun sekali. Tahun 2013 terdapat 42 unit pelayanan telah diusulkan untuk mengikuti penilaian tersebut yang selanjutnya dilakukan seleksi administrasi dan kelengkapan pengusulan. Dari hasil seleksi administrasi, ada 40 unit pelayanan yang lolos untuk mengikuti penilaian selanjutnya, terdiri dari 6 unit pelayanan provinsi dan 34 unit pelayanan kabupaten / kota.

Sedangkan tim Penilaian terdari dari Biro Organisasi, Biro Hukum, Dinas Komunikasi dan Informatika, Inspektoratupp Provinsi, UNTAG Surabaya. Memang Tim penilai setiap tahunnya berbeda beda. Ketika ditanya tentang kredibel Tim Penilai, Ardo menjawab bahwa tidak usah diragukan kenetralan para Tim yang ada, mereka tidak ada tekanan dari manapun untuk menentukan unit mana yang berhak mendapatkan penghargaan. Kalau mereka dalam memberi pelayanan sesuai dengan UU25/2009 tentang Pelayanan Publik serta masyarakat puas terhadap pelayanan yang diterima ya dialah mendapatkan penghargaan.

Kasubbag Tatalaksana dan Pelayanan Publik Drs. IKG Arya Winangun.MSi menambahkan bahwasasaran penilaian adalah memiliki Sembilan komponen yang menjadi acuan dalam penilaian yaitu Visi, Misi, Motto Pelayanan , Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan, Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan , Sumber Daya Manusia (SDM) Pelayanan, Sarana dan Prasarana Pelayanan, Penanganan Pengaduan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Sistem Informasi Pelayanan Publik, Produktifitas Dalam Pencapaian Target Pelayanan dan dijawa Timur ada satu komponen tambahan yaitu hak yang menonjol (inovasi / unggulan pelayanan, dsb).

Ketika melakukan peninjuan ke lapangan Tim penilai dibagi menjadi dua tim. Yang pertama dari Unsur Biro Organisasi, Biro Hukum dan Inspektorat. Sedangkan Tim kedua Biro Organisasi, Kominfo Prov Jatim dan UNTAG. Tambahnya. (San)