Asistensi Mekanisme Pengusulan Inovasi Penanganan COVID-19

Menindaklanjuti Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 109 Tahun 2020 tentang Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur hari ini (26/06) melaksanakan Asistensi terkait Mekanisme Pengusulan Inovasi Penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, S.STP, M.Si. Asistensi ini diselenggarakan secara virtual dengan peserta seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta menghadirkan narasumber Advisor Program TRANSFORMASI-GIZ Perwakilan Jawa Timur, Bapak Redhi Setiadhi, S.IP, MA.

Langkah-langkah yang harus dilakukan Perangkat Daerah antara lain :

  1. Segera mendaftarkan inovasi sebelum 30 Juni 2020 melalui link bit.ly/3aXwt2j (harap perhatikan huruf besar dan kecil) atau pada aplikasi Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS).
  2. Inovasi agar diunggah di kanal Youtube dan seluruh media sosial milik Perangkat Daerah untuk melengkapi persyaratan tautan link pada form Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  3. Memeriksa secara berkala hasil seleksi evaluator di https://jippnas.menpan.go.id.
  4. Apabila terdapat kendala dalam proses pelaksanaannya, dapat menghubungi Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Inovasi pelayanan publik penanganan COVID-19 terbagi dalam tiga kategori yaitu kategori respon cepat tanggap atau Quick Wins, kategori pengetahuan publik atau Public Knowledge yang merupakan inovasi yang dibuat untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, serta perilaku masyarakat tentang COVID-19 dan upaya pencegahannya, dan kategori ketangguhan massal (Massive/Social Resilience) yang merupakan kategori inovasi tentang pencegahan ataupun mitigasi kegawatdaruratan COVID-19 yang berkelanjutan dan dengan jangkauan kemanfaatan yang luas.

Pastikan bahwa inovasi tersebut sudah dijalankan, bukan hanya sekedar ide.

Materi asistensi dapat diunduh di link bit.ly/inovasiCovid19